CAMAT PETANG BOYONG PERANGKAT DESA BELAJAR "SMART VILLAGE"

  • 2019-10-22 09:46:00
  • Oleh: petang
  • Dibaca: 1275 Pengunjung
CAMAT PETANG BOYONG PERANGKAT DESA BELAJAR "SMART VILLAGE"

Camat Petang Boyong Perangkat Desa Belajar "Smart Village"

PETANG - Camat Petang I Gde Eka Sudarwitha memboyong perangkat desa se-Kecamatan Petang belajar keterampilan teknologi di Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Senin (21/10) kemarin. Sedikitnya tujuh perbekel dan unsur BPD di wilayah Kecamatan Petang mengasah wawasan dan keterampilan teknologi digital. Dipilihnya Desa Punggul sebagai studi tiru IT karena keberhasilannya mencanangkan diri menjadi sbeuah desa Smart Village (desa cerdas).

Kedatangan Camat Eka Sudarwitha dan rombongan diterima oleh Perbekel Desa Punggul I Kadek Sukarma, S.Kom. Menurutnya, untuk mewujudkan komitmen membangun desa digital diawali dengan membangun jaringan, memasang wifi gratis di masing-masing banjar termasuk pemasangan kamera pemantau (CCTV) di 32 titik untuk menjaga keamanan. Setelah beberapa hotspot terpasang di beberapa area, warga desanya sekarang sudah bisa menikmati layanan wifi secara gratis dengan penggunaan bermacam-macam teknologi.

"Dengan perkembangan jaringan internet dan teknologi yang begitu cepat, mau tidak mau, suka tidak suka, kita sebagai aparat harus berusaha dan wajib mengikutinya. Dan antusias warga yang menikmati layanan wifi gratis ini sangat tinggi," ujarnya.

Inovasi yang dikembangkan adalah membangun SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) desa, dimana lewat aplikasi ini cukup berbekal NIK KTP semua data masyarakat sudah terekam sehingga memudahkan untuk mendapatkan data penduduk yang akurat. Di tahun 2019 ini, kata dia, sistem tersebut ditingkatkan dengan inovasi SIADEK (Sistem Informasi Administrasi Desa dan Kelurahan) yang menawarkan kemudahan dalam pelayanan administrasi dan surat menyurat berbasis online yang dibangun bersama-sama perangkat desa untuk memberi pelayanan kepada masyarakat.

Sementara Camat Eka Sudarwitha mengapresiasi inovasi teknologi yang dikembangkan di Desa Punggul. Pihaknya berharap kemudahan pelayanan publik melalui penerapan aplikasi berbasisi IT ini bisa diterapkan di seluruh desa di Kecamatan Petang.

"Aparat Desa Punggul telah mampu mengidentifikasi kendala dan potensi yang dimiliki kemudian muncul tantangan untuk menyelesaikan permasalahan dengan suatu inovasi yang berangkat dari kebutuhan masyarakatnya melalui aplikasi digital," tukas Camat Eka Sudarwitha seraya menegaskan pembangunan desa digital sejalan dengan komitmen Bupati Giri Prasta untuk memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bukti komitmen itu, sambungnya, di Kabupaten Badung telah didukung infrastruktur memadai dengan diberikannya wifi grais mulai di sekolah, puskesmas, kantor desa, hingga balai banjar. dar


Media


CAMAT PETANG BOYONG PERANGKAT DESA BELAJAR "SMART VILLAGE" 

  • 2019-10-22 09:46:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 1275 Pengunjung