WUJUDKAN DESA ODF, CAMAT PETANG GENCARKAN PENDATAAN JAMBAN

  • 2019-03-29 10:31:00
  • Oleh: petang
  • Dibaca: 1323 Pengunjung
WUJUDKAN DESA ODF, CAMAT PETANG GENCARKAN PENDATAAN JAMBAN

WUJUDKAN DESA ODF, CAMAT PETANG GENCARKAN PENDATAAN JAMBAN

PETANG - Camat Petang, Drs. I Gede Eka Sudarwitha, S.Sos.MSi menggencarkan pendataan penggunaan jamban (tempat pembuangan air besar) di wilayah Kecamatan Petang. Pendataan dilakukan untuk mewujudkan desa Open Defication Free (ODF) atau desa bebas dari buang air besar di tempat terbuka (sembarangan).

Untuk mendukung pendataan tersebut, Camat Sudarwitha menerjukan Tim Hunter yang terdiri dari seluruh pegawai di lingkungan Kecamatan Petang menyasar rumah warga di sejumlah wilayah di Kecamatan Petang.

Selain mendata warga yang belum memiliki jamban, Tim Hunter ini juga memberikan sosialisasi pentingnya keberadaan jamban sebagai tempat membuang air besar, termasuk pembuangan sampah dan ketersediaan air bersih serta pola hidup sehat yang dilakukan warga masyarakat. "Pendataan sekaligus sosialisasi pola hidup sehat ini sebagai edukasi untuk peduli dan terlibat dalam upaya peningkatan pola hidup sehat warga masyarakat dan mewujudkan Badung sebagai kabupaten sehat," tukas Camat Sudarwitha didampingi Sekcam Petang, I Wayan Darma.

Dikatakannya, mewujudkan Desa ODF bagian dari langkah strategis mendukung visi pembangunan kesehatan di Kabupaten Badung yakni "Terwujudnya Masyarakat Badung yang Mandiri untuk Hidup Sehat". Mandiri mengandung makna sikap dan kondisi masyarakat Badung tahu, mau, dan mampu untuk mengenali, mencegah, dan mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi sehingga dapat bebas dari gangguan kesehatan akibat penyakit, bencana, lingkungan dan prilaku yang buruk, serta memenuhi kebutuhannya untuk lebih meningkatkan kesehatannya dengan mengandalkan kekuatan sendiri.

Sedangkan sehat, lanjut Camat Sudarwitha, bermakna keadaan masyarakat yang sehat secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang di Kabupaten Badung untuk hidup produktif. "Kami harapkan dengan terwujudnya Desa ODF akan dapat meningkatkan kwalitas kesehatan lingkungan  melalui kemandirian masyarakat untuk hidup sehat," tukasnya.


Media


WUJUDKAN DESA ODF, CAMAT PETANG GENCARKAN PENDATAAN JAMBAN 

  • 2019-03-29 10:31:00
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 1323 Pengunjung